Senin, 21 Februari 2011

Akurasi Indikator Bensin FU Tidak Akurat ?

Beberapa pengguna Suzuki Satria FU-150 banyak mengeluh dan mempertanyakan, mengapa indikator / bar bahan bakar yang ada di speedometer tidak akurat?


Semua rata rata berasumsi 1 bar pada speedo adalah identik dengan 1 liter BBM di dalam tanki, mengingat indikator di speedometer ada 5 bar dan kapasitas di dalam tanki (mungkin kebetulan) adalah sekitar 5 liter. Tetapi terkadang, saat di indikator sudah tinggal 2 bar lagi dan kita isi BBM, gak sampe 2 liter udah penuh lagi. Dan ini yang membuat FU`ers serba ketakutan kehabisan BBM ditengah jalan.
Ada lagi yang berpikir, saat turun 1 bar pertama, motor kita bisa menempuh 30 km (contoh), tetapi saat turun bar kedua, motor kita sudah menempuh 70 km.. yang artinya setiap penurunan bar tidak menunjukkan penempuhan jarak yang sama. Apakah ada masalah dengan indikator kita?
Jawabnya adalah TIDAK
Bila dilihat lagi karakteristik tanki kita, bentuk tanki dari atas ke bawah dan bentuk kesamping tidaklah sama. Semakin kebawah bisa dibilang bentuknya semakin mengecil, yang artinya adalah volume bagian atas dan bagian bawah pasti tidak sama. Sedangkan indikator BBM yang ada didalam tanki dalam bentuk sensor adalah mengacu pada ketinggian BBM didalam tanki. Hal ini yang menyebabkan ketidak akurasian indikator bar di speedometer. Indikator mengacu pada ketinggian, dimana jarak 1 bar ditunjukkan dengan sekian cm dari dasar tanki dan ini berarti setiap penurunan ketinggiansekian cm BBM akan menurunkan bar di speedo meter, sedangkan volume antara ketinggian tanki bagian atas dan bagian bawah tidak sama.

Jadi, jangan terlalu takut memacu FU kita pada saat indikator bar masih ada 2 bar. Tapi akan lebih bijaksana bila kita selalu memastikan tanki dalam keadaan BBM penuh.. kita gak akan takut kehabisan BBM dan harus mendorong motor sampe ke SPBU terdekat. Jangan sampai motor kita berubah BBM (Bahan Bakar Minyak) menjadi BBS (Bahan Bakar Soto, yang artinya.. abis ngedorong cari SPBU langsung laper dan cari pedagang soto terdekat karena kelaparan).
Lantas bagaimana bila saat BBM penuh tapi bar di speedo masih menunjukkan 2-4 bar? Yang ini baru bisa disebut terjadi sesuatu pada indikator motor… dan yang seperti ini yang harus segera diperbaiki di bengkel terdekat…
Semoga bermanfaat..!!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger